Penggunaan Metode Yanbu’a dalam Maharah Qiro’ah Bahasa Arab di MI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

Fina Miftahul Fa'izatil Ulya

Abstract

Kemampuan peserta didik dalam membaca teks berbahasa Arab masih tergolong rendah, tidak terkecuali pada peserta didik kelas III di MI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. MI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang menerapkan metode yanbu’a dalam maharah qira’ah pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran maharah qiro’ah dengan menggunakan metode yanbu’a di MI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, (2) mendeskripsikan evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran maharah qiro’ah dengan menggunakan metode yanbu’a di MI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, agar data tetap terjaga keabsahannya menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Deskripsi Proses pembelajaran yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, (2) Deskripsi penggunaan teknik tes dalam evaluasi pembelajaran.

Keywords

Metode Yanbu’a, Maharah Qiro’ah, Pembelajaran Bahasa Arab

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.