Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Siswa Kelas II SD Negeri Kemasan 1 Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2024/2025

Novalia Yudha Aji Pamungkas, Indah Murti, Idam Ragil Widianto Atmojo, Putri Tri Buana Dewi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada siswa kelas II di SD Negeri Kemasan 1 Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas II SD Negeri Kemasan 1 Kota Surakarta yang berjumlah 23 siswa. Desain penelitian tindakan yang digunakan adalah model siklus Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi dengan instrumen lembar observasi dan penilaian. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada pelaksanaan tindakan di siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh 17 siswa tuntas (74 %). Pada siklus II mendapatkan refleksi dan perbaikan dari siklus I sehingga siswa tuntas meningkat menjadi 21

Keywords

Hasil belajar, CRT, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.