Upaya Peningkatan Hasil Belajar Perubahan Wujud Benda melalui Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas IV SD Negeri Nusukan Surakarta Tahun 2024/2025
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimulai pada bulan Agustus 2024 adalah untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Kelas IV B yang menggunakan media video untuk materi perubahan wujud benda. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan alat non tes. Metode deskriptif digunakan untuk menganalisis data kualitatif dan kuantitatif. Apabila angka kelulusan di bawah 40 maka persentase siswa yang tuntas KKM pada siklus sebelumnya sebesar 13% yang dianggap masih kurang. Hasilnya, penelitian ini dilakukan melalui dua siklus proses pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran. Pada siklus I proporsi hasil belajar siswa di atas KKM meningkat menjadi 48%, namun hasil tersebut belum sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada siklus II persentase hasil belajar siswa di atas KKM meningkat sebesar 83%. Kinerja belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media video pembelajaran terkait perubahan wujud benda, seperti yang ditunjukkan dalam penelitian ini.
Keywords
Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Media Ajar IPAS
Refbacks
- There are currently no refbacks.