Upaya Peningkatan Hasil Belajar Perubahan Wujud Benda melalui Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas IV SD Negeri Nusukan Surakarta Tahun 2024/2025

Ditya Apriliana, Sayekti Dwi Safitri, Sukarno Sukarno, Ani Rufaida

Abstract

Tujuan  Penelitian Kegiatan Kelas (PTK) yang dimulai pada bulan Agustus 2024 adalah untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Pada kelas IV B kami menggunakan video sebagai bahan ajar bentuk benda. Informasi dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan sumber non-tes. Metode deskriptif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif dan kualitatif. Jika tingkat kelulusan kurang dari 40, maka persentase mahasiswa yang menyelesaikan KKM pada semester sebelumnya  sekitar 13%, yang tergolong rendah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan proses dua langkah dengan guru dan siswa menggunakan media pembelajaran. Pada Bagian I persentase hasil belajar siswa pada KKM meningkat menjadi 48%. Namun hasilnya belum sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada semester II, hasil belajar siswa KKM meningkat kurang lebih 83%. Seperti yang ditunjukkan pada penelitian ini, penggunaan media video edukasi terkait perubahan bentuk benda dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Keywords

Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Media Ajar IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.