Peningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Indahnya Saling Menghargai Dalam Keragaman DI SD Negeri Mojongapit 1 Jombang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP) materi "Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman" melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SD Negeri Mojongapit 1 Jombang. Sebelum diterapkannya PBL, hasil belajar peserta didik belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), dengan rata-rata nilai sebesar 64 dan hanya 41% peserta didik yang mencapai nilai tuntas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I, penerapan PBL menghasilkan peningkatan hasil belajar dengan rata-rata nilai sebesar 69, di mana 63% peserta didik mencapai nilai tuntas. Pada siklus II, hasil belajar semakin meningkat dengan rata-rata nilai mencapai 78, dan 89% peserta didik memperoleh nilai tuntas. Secara keseluruhan, terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 26% dari siklus I ke siklus II. Selain itu, penerapan PBL juga meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik dan hasil analisis observasi menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif dibandingkan dengan metode ceramah. Dengan demikian, model Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi yang diajarkan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.