Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Menggunakan Game Temukan Kata pada Asesmen Awal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Harjodipuran Surakarta

Alfina Khoirunni'ma, Fitria Husna Fadhilah, Umi Nareswari Baroroh, Novianti Putri Dwi Setyani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya antusias dan minat belajar siswa dalam asesmen awal pembelajaran Bahasa Indonesia materi SPOK di kelas IV SD Negeri Harjodipuran Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa melalui game temukan kata sebagai asesmen awal yang interaktif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dilaksanakan dalam tiga siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas IV B (15 perempuan, 11 laki-laki). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada minat belajar siswa, ditandai dengan antusiasme yang lebih besar dan keaktifan siswa dalam pelajaran. Data menunjukkan adanya peningkatan dari tahap prasiklus hingga siklus II, dengan kriteria ketuntasan 80%. Keberhasilan ini dicapai melalui penggunaan media dan metode yang tepat, terutama penerapan game temukan kata. Game ini efektif menarik minat siswa dan dapat menjadi alternatif inovatif dalam asesmen awal pembelajaran Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.