Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas III SDN Begalon 01 Surakarta
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika dan rendahnya motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas III melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika bab bilangan cacah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek 26 peserta didik kelas III di SDN Begalon 1 Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang mencerminkan peningkatan rata-rata skor motivasi belajar peserta didik dari siklus I sebesar 75,90% dengan kategori tinggi menjadi 86,41% pada siklus II dengan kategori sangat tinggi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dinilai efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.