Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SDICT Al Abidin Surakarta

Riyadi Riyadi, Choirul Anwar, Naelufar Indy Khamroh, Reny Harpiyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas IV SDICT Al Abidin Surakarta melalui penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 25 siswa dan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada keterampilan proses sains siswa, terutama pada aspek mengamati, mengelompokkan, dan menerapkan. Analisis N-gain menunjukkan sebagian besar siswa mengalami peningkatan pada kategori sedang, dengan nilai tertinggi pada aspek penerapan. Penelitian ini menyarankan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa serta meningkatkan keterlibatan dan kolaborasi di kelas.

Keywords

Pembelajaran Berbasis Proyek, keterampilan proses sains, siswa sekolah dasar, penelitian tindakan kelas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.