Peningkatan Keterampilan Proses Sains pada Materi Mengubah Bentuk Energi Melalui Penerapan Pendekatan CER pada Siswa Kelas IV SDICT Al-Abidin Surakarta

Rabiatul Adawia, Winny Anggraeni, Lisda Eunike Siboro Purba, Riyadi Riyadi, Choirul Anwar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kela IV SDICT Al-Abidin Surakarta melalui penerapan pendekatan Claim, Evidence, Reasoning (CER). Keterampilan proses sains yang menjadi fokus meliputi mengamati, mengklasifikasikan, melakukan percobaan, mengkomunikasikan, menarik kesimpulan, dan memprediksi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah penerapan pendekatan CER. Pada siklus pertama, nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa mencapai 74%, dan meningkat menjadi 82% pada siklus kedua. Peningkatan ini ditunjukkan melalui analisis N-gain dengan hasil rata-rata 0,53 yang tergolong kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan CER efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa, yang berdampak positif pada hasil belajar sains secara keseluruhan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.