Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila khususnya materi Keragaman di Lingkungan Sekitar dengan memanfaatkan media audiovisual. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Kemasan 1 Kota Surakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas V di SD Negeri Gonilan 01 Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri Gonilan 01, Kabupaten Sukoharjo, dengan subjek penelitian melibatkan 23 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi, alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan catatan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Validitas data diperoleh melalui triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 43,48% pada pra siklus menjadi 91,30% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran pendidikan pancasila di SD Negeri Gonilan 01 tahun ajaran 2024/2025.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.