Analisis Kreativitas dan Pemahaman SIswa pada Pembelajaran Geometri di Sekolah Dasar Menggunakan Media Manipulatif

Septi Triyani, Sandra Bayu Kurniawan, Riyadi Riyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreatifitas dan pemahaman siswa pada pembelajaran geometri di Sekolah Dasar (SD) menggunakan media manipulative stik es krim. Data dikumpulkan dengan observasi, tugas pemecahan masalah dan wawancara. Analisis data dengan: kategorisasi, reduksi, penyajian, penafsiran dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah 1 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media stik es krim mendukung kreatifitas dan pemahaman siswa. Dengan media manipulatif tersebut, siswa dapat menghasilkan berbagai jenis bangun datar dan menentukan kelilingnya, serta mengembankannya untuk membentuk objek yang lebih kompleks dan juga menentukan kelilingnya. Strategi siswa untuk menentukan keliling suatu bangun datar yaitu dengan menentukan banyaknya stick yang digunakan. Adapun untuk menentukan keliling objek yang lebih kompleks siswa kadang keliru, sehingga guru perlu memahamkan siswa bahwa yang dimaksud dari keliling suatu bangun adalah sisi terluar dari bangun tersebut.

 

Keywords

kreativitas, pemahaman, pembelajaran geometri, media manipulatif, stik

Refbacks

  • There are currently no refbacks.