Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Materi Wujud Zat dan Perubahannya Menggunakan Metode Pembelajaran Interaktif (MPI) Berbantuan Aplikasi Unity pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sibela Barat

Umi Nur Azizah, Nur Rohmah, Fita Ayu Ariska

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa terhadap penerapan metode pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Negeri Siebla Barat Kota Surakarta kelas IV. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi, tes dan angket yang ketiganya dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase ketuntasan individual secara keseluruhan meningkat dari siklus I sampai siklus III yaitu 65%, 71%, dan 84%, dan persentase ketuntasan klasikal secara keseluruhan juga meningkat yaitu 49%, 69%, dan 88%. (2) adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. (3) terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari ketegori cukup baik menjadi baik. (4) respon siswa cenderung positif dimana 100% siswa menyatakan senang terhadap pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran inetraktif dengan berbantuan aplikasi unity. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode interaktif dengan berbantuan aplikasi unity pada materi wujud zat dan perubahannya dapat meningkatkan minat belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri Sibela Barat Kota Surakarta.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.