Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Mata Pelajaran Matematika Soal Cerita Tentang Perbandingan Bilangan Cacah

Zulfatun Nikmah, Fitriyana Rahmawati, Giovani Marganing Ratri, Matsuri Matsuri, Muhdi Santoso

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada mata pelajaran Matematika soal cerita tentang perbandingan bilangan cacah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kawatan Surakarta yang berjumlah 29 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan instrumen penelitian lembar observasi dan soal tes. Penelitian dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), Pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan siswa yang tuntas dari pra siklus ke siklus I sebesar 16,7%, kemudian pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 23,8%. Perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 80,81 dan siklus II memiliki rata-rata 97,12.

Keywords

Pendekatan CRT, Perbandingan Bilangan Cacah

Refbacks

  • There are currently no refbacks.