Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Keterampilan Critical Thinking Peserta Didik Kelas IV di SD Angkasa Lanud Adi Soemarmo
Abstract
Kurikulum dikembangkan guna menciptakan generasi yang dapat bersaing untuk memenuhi tuntutan perubahan zaman. Salah satu keterampilan yang sangat penting sebagai bekal peserta didik adalah keterampilan critical thinking. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan keterampilan critical thinking bagi peserta didik kelas IV mata Pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Angkasa yang berjumlah 16 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah proses pengimplementasian model Group Investigation (GI) keterampilan critical thinking peserta didik meningkat 25% pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 diperoleh persentase sebesar 63% dengan kategori baik dan pada siklus 2 diperoleh persentase sebesar 88% dengan kategori sangat baik
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.