Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Project Based Learning Pada Materi IPAS: Perubaham Zat Benda di SD Negeri Gonilan 02

Risalatul Meiana Putri, Rahajeng Pangestika, Risna Hanafi Aryadina, Sukarno Sukarno, Ary Setyawan Nugroho

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS topik perubahan zat benda dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Subjek penelitian ini adalah 21 siswa kelas VI A SD Negeri Gonilan 02. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dikumpulkan melalui tiga metode utama: observasi, wawancara, dan penilaian proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPAS topik perubahan wujud zat memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa kelas VI A SD Negeri Gonilan 02, yang terlihat dari peningkatan hasil dari siklus I hingga siklus II. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan ketuntasan pada siklus I sebesar 66,67% (14 siswa tuntas) atau 33,33% (7 siswa yang belum tuntas) dan meningkat pada siklus II sebesar 85,71% (18 siswa tuntas) atau 14.29% (3 siswa belum tuntas). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS: Perubahan Zat Benda kelas VI A di SD Negeri Gonilan 02

Keywords

Pembelajaran berbasis proyek, PJBL, IPAS, perubahan zat benda, pembuatan es krim, keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, kreativitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.