Upaya Peningkatan Minat Belajar IPAS Peserta Didik Kelas III Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Interaktif
Abstract
Permasalahan pada kelas III di SDN Wiropaten Surakarta menunjukkan minat belajar mata pelajaran IPAS masih rendah dengan rata-rata minat belajar 30%. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti, didapatkan hipotesis bahwa faktor yang mempengaruhi minat belajar diantaranya adalah penggunaan metode dan media pembelajaran yang kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata Pelajaran IPAS dengan menerapakan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media interaktif . Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini berjumlah 15 siswa Kelas III SDN Wiropaten Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket minat belajar dan observasi, dengan analisis data menggunakan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan presentase peningkatan minat belajar siswa melalui metode pembelajaran berdiferensiasi dari 40% pada siklus 1, dengan kategori kurang baik, menjadi 73,34% pada siklus kedua, dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan minat belajar IPAS siswa kelas III SDN Wiropaten Surakarta.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.