Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Satuan Panjang Melalui Metode Demonstrasi Tangga Pintar Satuan Panjang Kelas 3 SDN Tempel Surakarta Tahun Pelajaran 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika untuk materi satuan baku panjang kelas 3 menggunakan metode demonstrasi dengan media alat peraga tangga pintar satuan pajang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari prasiklus dilanjutkan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan pada 2 siklus. Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2024 dan siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2024, subjek penelitian yaitu siswa kelas 3 SDN Tempel Surakarta yang berjumlah 36 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentasi siswa yang belum mencapai KKM (60) pada prasiklus adalah 14 (39%) siswa, siklus 1 8 (22%) siswa dan siklus 2 1 (3%) siswa. Sedangkan prosentase siswa yang sudah mencapai KKM (60) pada prasiklus adalah 22 siswa (61%), lalu pada siklus 1 ada 28 siswa (78%) dan siklus 2 adalah 35 siswa (97%). Berdasarkan penelitain tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode demosntrasi menggunakan alat peraga tangga pintar satuan panjang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi satuan baku panjang kelas 3 SDN Tempel Surakarta tahun pelajaran 2024/2025.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.