Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas V SDN Mangkubumen Wetan No.63 Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2024/2025

Laely Zahrotun Khasanah, Nur Azizah, Maulidina Himmatuz Zakiya Nida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning kelas V. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas 5 SD berjumlah 35. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model spiral dari Kemmis dan MC Taggart. Prosedur Penelitian terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) implementasi/tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes dan non tes. Instrumen berupa lembar observasi dan soal evaluasi.

Keywords

Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran IPAS

Refbacks

  • There are currently no refbacks.