Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas V SDN Mangkubumen Wetan No.63 Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2024/2025

Laely Zahrotun Khasanah, Nur Azizah, Maulidina Himmatuz Zakiya Nida

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning peserta didik kelas V. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas 5 SD berjumlah 35. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model spiral dari Kemmis dan MC Taggart. Prosedur Penelitian terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) implementasi/tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah menjadi tolok ukur keberhasilan. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes dan non tes. Instrumen berupa lembar observasi dan soal evaluasi. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa penerapan model PBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas 5 di SDN Mangkubumen Wetan. Penelitian ini menekankan nilai PBL dalam memupuk lingkungan belajar kolaboratif dan mencapai peningkatan akademik yang substansial dalam pendidikan dasar.

Keywords

Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.