Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Teknologi pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SDN Bratan 01 Surakarta
Abstract
Permasalahan yang terjadi di SDN Bratan 01 Surakarta adalah rendahnya hasil bbelajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing satu pertemuan. Setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari siklus I berdasarkan tes tertulis, peserta didik yang tuntas sebanyak 40,7%. Pada siklus II, peserta didik yang tuntas sebanyak 70,3%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 29,6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL yang didukung oleh teknologi berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menjadikan pembelajaran lebih menarik dan relevan dengan mengintegrasikan teknologi pada proses pembelajaran. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi teknologi yang paling efektif dan penerapan jangka panjang model pembelajaran PBL dalam berbagai mata pelajaran serta tingkat pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.