Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Matematika

Igga Dwi Indriyani, Salsabilla Firdaus, Wafi Anikmah, Siti Nureini, Moh Salimi

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah tindakan tentang penggunaan media wordwall terhadap peningkatan motivasi siswa kelas V pada pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian. Penelitian ini dilaksanakan di SD Al Azhar Syifa Budi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel penelitian yaitu 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,pre-test, post-test dan  dokumentasi. Peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai upaya untuk menciptakan suatu pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif yang dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa melalui pemanfaatan media wordwall dalam pembelajaran. PTK dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan media games edukasi wordwall dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD N Al Azhar Syifa Budi ditunjukkan dengan peningkatan presentase pemenuhan indikator motivasi belajar siswa. Peningkatan mootivasi belajar siswa dapat dilihat berdasarkan hasil analisis lembar angket motivasi siswa menggunakan wordwall yang memperoleh presentase 78% masuk dalam kategori baik pada siklus I, dan  83,6% pada siklus II masuk kategori sangat baik.

 

Keywords

Wordwall, Motivasi Belajar, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.