Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Al Azhar Syifa Budi Tahun Pelajaran 2024/2025

Isnaini Nur Azizah, Rizky Rahmad Widiyanto, Zulfa A’yunul Husna, Dini Mahasri, Wafi Anikmah, Siti Nureini, Moh Salimi

Abstract

Pendidikan pada abad 21 menekankan pada pembelajaran berbasis masalah, dengan empat keterampilan utama yang perlu dimiliki oleh siswa yaitu berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning serta untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Al Azhar Syifa Budi Surakarta tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 25 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu penilaian produk kreatifitas, observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan Teknik. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kreativitas siswa dilihat dari ketercapaian target pada siklus I dan siklus II yaitu masing-masing berturut-turut 83,21 % dan 89,89 %. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas 5 SD Al Azhar Syifa Budi tahun ajaran 2024/2025.

Keywords

Problem Based Learning, Kreativitas, Pendidikan Pancasila

Refbacks

  • There are currently no refbacks.