Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 SD Negeri Karangasem 4 Surakarta pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Mengenal Perasaan

Deny Kurniadi Saputro, Erlina Meliyanti, Rusyda Nur Rahmawati, Suhartono Suhartono, Nurul Hidayah

Abstract

Maksud dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa
Indonesia peserta didik kelas 2 dengan implementasi model pembelajaran kooperatif Teams Game Tournament (TGT) di SD Negeri Karangasem 4 Surakarta semester I tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas 2 SD Negeri Karangasem 4 yang berjumlah 21 anak. Data didapat dengan melakukan analisis pada hasil belajar kognitif peserta didik. Kriteria kesuksesan penelitian ditentukan oleh hasil belajar kognitif peserta didik yang mencapai KKM yaitu ≥ 75. Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia dapat meningkat dengan pengimplementasian model pembelajaran TGT. Sebelum dilakukan tindakan, persentase ketuntasan hasil belajar sejumlah 14,28%, pada siklus I meningkat menjadi 61,91%, dan menjadi 95,24% pada siklus II. Dengan demikian, model TGT dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas 2 SD Negeri Karangasem 4 secara signifikan.

Keywords

TGT, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Mengenal Perasaan, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.