Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 SD Negeri Karangasem 4 Surakarta pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Mengenal Perasaan
Abstract
Maksud dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa
Indonesia peserta didik kelas 2 dengan implementasi model pembelajaran kooperatif Teams Game Tournament (TGT) di SD Negeri Karangasem 4 Surakarta semester I tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas 2 SD Negeri Karangasem 4 yang berjumlah 21 anak. Data didapat dengan melakukan analisis pada hasil belajar kognitif peserta didik. Kriteria kesuksesan penelitian ditentukan oleh hasil belajar kognitif peserta didik yang mencapai KKM yaitu ≥ 75. Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia dapat meningkat dengan pengimplementasian model pembelajaran TGT. Sebelum dilakukan tindakan, persentase ketuntasan hasil belajar sejumlah 14,28%, pada siklus I meningkat menjadi 61,91%, dan menjadi 95,24% pada siklus II. Dengan demikian, model TGT dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas 2 SD Negeri Karangasem 4 secara signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.