Penerapan Diorama Jaring-Jaring Makanan Berbantuan Vidio Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS kelas V SD Negeri Wiropaten

Fikri Fajri Nur Setyawan, Nurul Septiana, Yustiani Rohmah, Kartika Christy Suryandari, Sri Untari

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik pada materi jaring-jaring makanan di kelas V SD Negeri Wiropaten. Tanpa motivasi belajar peserta didik cenderung kurang terlibat dalam aktivitas belajar, yang berdampak negatif pada hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan diorama jaring-jaring makanan berbantuan vidio pembelajaran. Teknik pengumpulan data berupa observasi yang dilakukan oleh rekan peneliti dan guru kelas serta angket yang dibagikan kepada peserta didik. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini terdiri atas pra penelitian, siklus I dan siklus II. Hasil observasi motivasi belajar IPAS peserta didik secara berturut-turut dari pra siklus hingga siklus II adalah 41,18%; 70,59%; dan 82,35%. Sedangkan hasil angket berturut-turut 47,06%; 70,59%; dan 88,24%. Rata-rata dari hasil observasi dan angket secara berturut-turut dari pra siklus hingga siklus II yaitu 44,12%; 70,59%; dan 85,29%. Penerapan media pembelajaran berupa diorama jaring-jaring makanan berbantuan video pembelajaran terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar IPAS peserta didik.

Keywords

Motivasi, Diorama,Vidio, IPAS, Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.