Pemanfaatan Media Pembelajaran Roda Bagun Datar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri Gurawan Surakarta

Ditafia Adiniannda, Jihanudin Jihanudin, Karsono Karsono, Supriatin Ardila, Ummi Rohmatin

Abstract

Pendidikan merupakan usaha yang terencana dalam mewujudkan suasana belajar pada peserta didik. Pendidikan juga perlu adanya sarana salah satunya ada pada sekolah dasar. Pendidikan sekolah dasar pada proses pembelajaran memerlukan media pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik dapat membantu mempengaruhi lingkungan belajar. Dalam mata pelajaran matematika kelas V terdapat materi bangun datar. Bangun datar yaitu materi pembelajaran yang disampaikan dalam bentuk media pembelajaran roda bangun datar untuk membantu peserta didik memahami materi matematika bangun datar sehingga peserta didik memiliki motivasi belajar dalam pembelajaran matematika materi bangun datar. Peserta didik kelas V SD Negeri Gurawan Surakarta mengalami peningkatan setelah menggunakan media roda bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari Hasil pretest dan posttest peserta didik. Pada didik mengalami peningkatan dalam mengerjakan soal secara rinci dan lebih runtut.

Keywords

pendidikan, media pembelajaran, motivasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.