Peningkatan Hasil Belajar Operasi Bilangan Cacah melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada Peserta didik Kelas 4 SD N Cengklik

Diah Wahyuni, Dwi Setyani Putri, Yuli Andrayani, Chumdari Chumdari, Sardini Sardini

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar operasi bilangan cacah melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas 4 SD N Cengklik. Penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek 28 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 55,89 pada pra-siklus menjadi 65,36 pada siklus I, 89,83 pada siklus II, dan 91,96 pada siklus III. Ketuntasan klasikal juga meningkat dari 32,14% menjadi 42,86%, 67,86%, dan 92,86% secara berturut-turut. Temuan ini mengindikasikan bahwa model TGT efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada operasi bilangan cacah.

Keywords

Hasil Belajar, Operasi Bilangan Cacah, Team Games Tournament, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.