Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Panularan Surakarta Melalui Media Pembelajaran Diorama Pada Materi Siklus Hidup Makhluk Hidup

Devi Nurulita Sari, Arum Puspitasari, Dias Damasyanti, Siti Istiyati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Panularan Surakarta pada materi siklus hidup melalui media pembelajaran diorama.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Panularan Surakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan erjadi peningkatan nilai IPAS oleh siswa kelas III SD Negeri Panularan Surakarta, pada table tersebut terlihat jumlah nilai dari Prasiklus sampai dengan siklus II terlihat nilai rata-rata siswa yang semula dari Prasiklus dengan nilai ketuntasan 30%, kemudian Siklus I diperoleh 87%, sampai Siklus II mendapatkan 96%. Hasil akhir diperoleh presentase yang cukup memuaskan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran papan perkalian dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian bagi siswa kelas III SD Negeri Panularan Surakarta.

Keywords

Hasil Belajar, Siklus Hidup, Diorama

Refbacks

  • There are currently no refbacks.