Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 4 SDN Tempel Surakarta pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Alifia Fitria Efendy, Aldiana Nuril Wahida, Sauki Fadlillah Nurus Sobah, Idam Ragil Widianto Atmojo, Jimin Jimin

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Pancasila yang seringkali menggunakan konsep yang kaku dianggap menjadi salah satu faktor menurunnya motivasi belajar siswa yang mana mempengaruhi hasil belajar mereka. Pembahasan tersebut menjadi latar belakang mengapa penelitian ini kami laksanakan, dimana dalam penelitian ini kami akan menguji efektivitas penerapan Model Problem Based Learning dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada kelas 4 SDN Tempel Surakarta. Pada penelitian ini kami menggunakan 2 siklus pembelajaran Pendidikan Pancasila yakni pra siklus dan siklus 1. Untuk menguji efektivitas penerapan kami menggunakan hasil belajar dari asesmen individu pada pra siklus dan siklus 1. Kami menemukan bahwa hasil belajar siswa dari pra siklus hingga siklus 1 mengalami peningkatan sebanyak 60%, peningkatan ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang telah mampu melampaui batas nilai minimal. Kesimpulannya adalah penggunaan model Problem Based Learning cukup efektif dalam membantu guru meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan pemberian ruang diskusi materi.

Keywords

Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.