Meningkatkan Hasi Belajar Operasi Hitung Perkalian Dengan Menggunakan Medpen Paper (Media Pembelajaran Papan Perkalian) Pada Pembelajaran Matematika Bagi Siswakelas III SD Negeri Panularan Surakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung perkalian dengan menggunakan madpen paper pada pembelajaran matematika bagi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Panularan Surakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan nilai matematika oleh siswa kelas III SD Negeri Panularan Surakarta, terlihat jumlah nilai dari Prasiklus sampai dengan siklus II terlihat nilai rata-rata siswa yang semula dari Prasiklus dengan nilai ketuntasan 48%, kemudian Siklus II diperoleh 57%, sampai Siklus II mendapatkan 83%. Hasil akhir diperoleh presentase yang cukup memuaskan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran papan perkalian dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian bagi siswa kelas III SD Negeri Panularan Surakarta
Keywords
Hasil Belajar, Perkalian, Medpen Paper
Refbacks
- There are currently no refbacks.