Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Metode Eja Dengan Media Eja (MEJA) SD Tunggulsari 01 Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Tunggulsari 01 Surakarta menggunakan metode eja dengan media MEJA (eja aku). Dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) evaluasi atau refleksi. Hasil penelitian diukur berdasarkan tes keterampilan membaca siswa, dengan data dari siklus I dianalisis dan dievaluasi untuk perbaikan siklus II. Hasil dari siklus II dibandingkan dengan kondisi awal untuk menilai kemajuan. Ketuntasan klasikal pada kondisi awal adalah 31%, meningkat menjadi 72,15% pada siklus I, dan mencapai 90,53% pada siklus II. Rata-rata keterampilan membaca awal adalah 58,15, dengan batas tuntas 75. Kesimpulannya, keterampilan membaca siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dari kondisi awal hingga siklus II pada tahun pelajaran 2024-2025.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.