Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Metode Eja Dengan Media Eja (MEJA) SD Tunggulsari 01 Surakarta

Ummi Arifah Darmawanti, Lessy Rizkiani Falahiyah, Diaz Nita Octaviani, Chumdari Chumdari, Septri Wahyuningrum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Tunggulsari 01 Surakarta menggunakan metode eja dengan media MEJA (eja aku). Dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) evaluasi atau refleksi. Hasil penelitian diukur berdasarkan tes keterampilan membaca siswa, dengan data dari siklus I dianalisis dan dievaluasi untuk perbaikan siklus II. Hasil dari siklus II dibandingkan dengan kondisi awal untuk menilai kemajuan. Ketuntasan klasikal pada kondisi awal adalah 31%, meningkat menjadi 72,15% pada siklus I, dan mencapai 90,53% pada siklus II. Rata-rata keterampilan membaca awal adalah 58,15, dengan batas tuntas 75. Kesimpulannya, keterampilan membaca siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dari kondisi awal hingga siklus II pada tahun pelajaran 2024-2025.

Keywords

keterampilan membaca, metode eja, media eja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.