Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPAS Peserta Didik Kelas III SDN Karangasem 4 Surakarta Menggunakan Model Pembelajaran SAVI

Aprilia Maharani Tunggal Putri, Cintia Irawati Desti Pratiwi, Mutiara Sari Dewi, Suhartono Suhartono, Rostanti Widhihardani

Abstract

Model pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Rendahnya hasil belajar IPAS dapat ditingkatkan salah satunya melalui model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar kognitif IPAS peserta didik kelas III SD Negeri Karangasem 4 Surakarta menggunakan model pembelajaran SAVI. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa nilai IPAS peserta didik di masing-masing siklus. Analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Data menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata nilai peserta didik dari 65 menjadi 85,95. Jumlah ketuntasan juga menunjukkan peningkatan, dari 10 peserta didik menjadi 22 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, melalui model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran IPAS hasil belajar kognitif peserta didik meningkat.

Keywords

hasil belajar, kognitif, ipas, dan model pembelajaran savi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.