Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Flash Card Kelas III SD Muhammadiyah 5 Surakarta

Sri Amini, Agustin Khoirun Nisa’, M. Eko Ferriristanto, Chumdari Chumdari, Sugiyarto Sugiyarto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi  diketahui bahwa keterampilan berbicara peserta didik kelas III sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal terutama penggunaan media pembelajaran yang kurang cocok dengan tingkat kemampuan berpikir peserta didik. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan menggunakan media gambar  untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk melihat peningkatan aktivitas peserta didik, aktivitas guru, dan peningkatan keterampilan berbicara peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang akan diteliti yaitu peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 5 Surakarta. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran picture and picture berbantuan media flash card. Hasil penelitian menunjukka bahwa sebelum dilakukan tindakan, rata-rata keterampilan berbicara peserta didik adalah 67,85% dengan persentase ketuntasan belajar 21,42%. Hasil post-test I, rata-rata keterampilan berbicara peserta didik adalah 69,28% dengan ketuntasan belajar 28,57%. Pada post-test II, rata-rata keterampilan berbicara peserta didik adalah 85,35% dengan ketuntasan belajar 87,71%. Berdasarkan hasil dari post-test I dan post-test II, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture berbantuan media flash card dapat meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 5 Surakarta.

Keywords

kemampuan berbicara, media flash card, model picture and picture

Refbacks

  • There are currently no refbacks.