Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Diorama Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar

Andika Putra Pratama, Nurul Istiqomah, Vita Utari, Chumdari Chumdari, Sugiyarto Sugiyarto

Abstract

Pemahaman konsep adalah suatu cara yang sistematis dalam memahami dan mengemukakan tentang sesuatu yang diperolehnya. Berdasarkan hasil temuan pada observasi awal diperoleh nilai rata rata IPASĀ  54,54 dari KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPASS kelas 5 melalui model Problem Based Learning dan Media Diorama SD Muhammadiyah 5 Ska. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing masing dua pertemuan pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, studi dokumen, catatan lapangan. Uji validitas data penelitian ini menggunakan Triangulasi teknik, dan Triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis ktitis dan analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian memnunjukan bahwa melalui model Problem Based Learning dan media Diorama dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPASS peserta didik kelas 5. Hal ini dibuktikan pada siklus 1 penilaian kognitif mendapatkan nilai tingkat ketuntasan 63,63 sedangkan siklus 2 mendapatkan nilai tingkat ketuntasan 81,81. Hasil Observasi Aktivitas Peserta Didik pada siklus 1 memperoleh kategori baik skor 18,48, sedangkan pada siklus 2 memperoleh kategori sangat baik skor 20,27. Penilaian keterampilan guru pada siklus 1 mendapatkan skor 22, sedangkan pada siklus 2 mendapatkan skor 26.

Keywords

Media Diorama, Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep IPAS

Refbacks

  • There are currently no refbacks.