Penerapan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Game Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Peserta didik Kelas IV SD Banyuagung 3 Surakarta

Beni Solikin, Hanifah Nur Heliza, Idam Ragil Widianto Atmojo, Dian Kumalasari

Abstract

Penelitian ini diangkat adanya permasalahan di lapangan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV materi pecahan kurang dari KKM. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi pecahan peserta didik kelas IV menggunakan pendekatan TaRL berbantuan media game wordwall. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Banyuagung 3 Surakarta yang berjumlah 29 peserta didik. Hasil dari penelitian yang didapatkan pada siklus 1 presentase ketuntasan yang diperoleh peserta didik adalah 37,93 % Pada siklus 2 diperoleh presentase ketuntasan naik menjadi 89,66 %. Sedangkan presentase hasil belajar peserta didik yang tidak tuntas terjadi penurunan, yang awalnya 62,07% menjadi 10,34%. Ini menunjukkan bahwa dari penedekatan TaRL berbantuan Media Game Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Banyuagung 3 Surakarta.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.