Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Manfaat dan Ancaman Kegiatan Keanekaragaman Hayati dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Siswa Sekolah Dasar

Reni Meirina, Sofia Khoirunnisa, Wulan Ratna Ningtyas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang manfaat keanekaragaman hayati dan kegiatan yang mengancam keanekaragaman hayati melalui penerapan model pembelajaran puzzle. Penyidikan ini merupakan penyidikan tindakan kelas (PTK) dan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, observasi, dan refleksi. Sebanyak 28 siswa Kelas V SDN  Tempel Surakarta diuji. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui soal penilaian akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran puzzle meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa di PAUD yang rata-rata tingkat kelulusannya hanya  63%. Siklus 1 meningkat menjadi 72%, namun hasil tersebut belum memenuhi standar integritas minimal (KKM) sebesar 80%. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan pada Siklus II dengan angka ketuntasan siswa meningkat menjadi 87%. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran puzzle,  siswa kelas V SDN  Tempel Surakarta diajarkan tentang manfaat keanekaragaman hayati dan kegiatan yang membuka pintu, serta kegiatan yang membahayakan keanekaragaman hayati menyediakan materi pendidikan. Terbukti hasil belajar  mata pelajaran IPA dapat ditingkatkan.

Keywords

Hasil Belajar, IPAS, Model Pembelajaran Jigsaw, Keanekaragaman Hayati

Refbacks

  • There are currently no refbacks.