Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas III SDN Nusukan Surakarta
Abstract
Minat belajar adalah salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan dalam diri siswa sehingga tercapai keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas III SD N Nusukan Surakarta masih rendah sehingga perlu ditingkatkan. Peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai langkah untuk menciptakan suatu pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan minat belajar Pendidikan Pancasila siswa melalui pemanfaatan media Wordwall dalam pembelajaran. PTK dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, pegamatan, dan refleksi untuk setiap siklusnya. Hasil analisis lembar observasi minat belajar siswa yang memperoleh presentase 78% masuk dalam kategori baik pada siklus I, 83,6% pada siklus II masuk kategori sangat baik, dan 91% pada siklus III masuk dalam kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil penelitian pemanfaatan media games edukasi Wordwall dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas III SD N Nusukan Surakarta yang ditunjukkan dengan peningkatan presentase pemenuhan indikator minat belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.