Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui Media Game Interaktif Educaplay untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Persatuan dan Kesatuan

Fatmawati Kumalasari, Safira Quita Melati, Wisnu Aji Prabowo, Retno Winarni, Ester Tri Martiningsih

Abstract

Pemahaman konsep persatuan dan kesatuan merupakan aspek penting pendidikan dasar, terutama keragaman latar belakang peserta didik. Namun, banyak peserta didik mengalami kesulitan memahami materi. Penelitian bertujuan meningkatkan pemahaman konsep persatuan dan kesatuan pada peserta didik kelas V SD Negeri Kabangan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning melalui media game interaktif Educaplay. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas karena permasalahan dijelaskan dengan rincian deskriptif dan perhitungan kuantitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes (pretest dan posttest). Teknik validitas menggunakan triangulasi sumber dan metode. Penelitian dilaksanakan tiga siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Guru menggunakan model problem based learning dan Educaplay untuk menarik perhatian peserta didik. Hasil menunjukkan peningkatan ketuntasan pada setiap siklusnya, yaitu siklus I = 41,67% , siklus II = 75%, siklus III = 91,67%. Berdasarkan data tersebut disimpulkan penggunaan model pembelajaran problem based learning melalui media game interaktif  Educaplay pada setiap siklusnya mengalami peningkatan.

Keywords

Pembelajaran, Berbasis masalah, Educaplay, Pemahaman Konsep, Persatuan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.