Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI Materi Bilangan Bulat Berbantuan Media Jalan Obibul (Operasi Bilangan Bulat)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil kognitif matematika materi bilangan bulat berbantuan alat peraga Jalan Obibul. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di kelas VI SDN Tegal Rejo Laweyan Surakarta. Subyek penelitian 13 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum menggunakan media jalan obibul, hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SDN Tegal Rejo Laweyan Surakarta hanya 15,38% peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar diatas KKM, dan 84,62% peserta didik masih dibawah KKM. Siklus I terjadi peningkatan belajar setalah penggunaan media jalan Obibul dalam pembelajaran sudah mencapai hasil yang diinginkan tetapi belum maksimal sesuai yang diinginkan peneliti, sehingga dilakukan pembelajaran lanjutan yaitu Siklus II terjadi peningakatan sebesari 84,64% peserta didik yang mendapatkan nilai diatas Kkm. Penggunaan jalan Obibul dalam pembelajaran matematika materi operasi bilangan bulat kelas VI SDN Tegal Rejo Laweyan Surakarta efektif digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar kognitif pada Siklus II.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.