Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI Materi Bilangan Bulat Berbantuan Media Jalan Obibul (Operasi Bilangan Bulat)

Ajeng Tri Utami, Aldhira Kiswatul Jannah, Alfitra Permata Dewi, Idam Ragil Widianto Atmojo, Peni Sesotejowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil kognitif matematika materi bilangan bulat berbantuan alat peraga Jalan Obibul. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di kelas VI SDN Tegal Rejo Laweyan Surakarta. Subyek penelitian 13 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum menggunakan media jalan obibul, hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SDN Tegal Rejo Laweyan Surakarta hanya 15,38% peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar diatas KKM, dan 84,62% peserta didik masih dibawah KKM. Siklus I terjadi peningkatan belajar setalah penggunaan media jalan Obibul dalam pembelajaran sudah mencapai hasil yang diinginkan tetapi belum maksimal sesuai yang diinginkan peneliti, sehingga dilakukan  pembelajaran lanjutan yaitu Siklus II  terjadi peningakatan sebesari 84,64% peserta didik yang mendapatkan nilai diatas Kkm.  Penggunaan jalan Obibul dalam pembelajaran matematika materi operasi bilangan bulat kelas VI SDN Tegal Rejo Laweyan Surakarta efektif digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar kognitif pada Siklus II.

Keywords

Hasil Belajar, Matematika, Media Pembelajaran, Obibul

Refbacks

  • There are currently no refbacks.