Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Siswa Kelas IV SDN Bratan 1 Kota Surakarta Berbasis Media Konkret

Peduk Rintayati, Lilis Rahayu Tri Suprapti, Gany Vega Nur Aini, Pinky Winky Alib Ika Trihardi, Umi Nailus Sa’adah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Bratan 1 Surakarta pada pelajaran IPAS melalui metode Project Based Learning (PjBL) berbasis media konkret. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah Penilaian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran PjBL berbasis media konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata pada siklus I hanya mencapai 71,38 kemudian meningkat pada siklus II mencapai 80,52 dalam kategori baik. Temuan dari penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan konten video dengan berbantuan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya.

Keywords

PjBL, IPAS, media konkret, hasil belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.