Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri Tegalayu pada Mata Pelajaran IPAS Pokok Bahasan Rantai Makanan

Devi Kurnia, El Sinta Aknesia Prabulingga, Rista Ananda Ningias, Suhartono Suhartono, Fini Suci Nuswantari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi rantai makanan dalam mata pelajaran IPAS kelas 5. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Tegalayu yang berjumlah 13 peserta didik. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan observasi dan tes. Observasi dilaksanakan oleh pengamat untuk menilai peningkatan aktivitas pembelajaran. Tes dilaksanakan sebanyak 3 kali untuk menilai peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPAS peserta didik pada materi rantai makanan yang dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas guru dari 76,5% menjadi 94%, aktivitas peserta didik dari 62,8% menjadi 86%, serta presentase ketuntasan peserta didik yang semula 84,62% menjadi 92,31%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik.

Keywords

PTK, Diferensiasi, Hasil Belajar, Peserta Didik

Refbacks

  • There are currently no refbacks.