Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Fotosintesis pada Siswa Kelas IV D SDIT Insan Mulia Surakarta

Ama Tullah Lina Mufida, Dewi Widiastuti, Idam Ragil Widianto Atmojo, Natalia Nur Kasanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi fotosintesis pada kelas IV D SDIT Insan Mulia Surakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV D SDIT Insan Mulia Surakarta tahun ajaran 2025/2026 sebanyak 28 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif. Pada akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan yaitu siklus I siswa yang tuntas hanya 71,43% sedangkan yang tidak tuntas 28,57%. Pada siklus II siswa yang mendapat tuntas meningkat menjadi 85,71% sedangkan yang tidak tuntas 14,29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas IV D SDIT Insan Mulia Surakarta mengalami peningkatan hasil belajar melalui metode eksperimen pada materi fotosintesis.

Keywords

Metode Eksperimen, Hasil Belajar, Fotosintesis

Refbacks

  • There are currently no refbacks.