Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas IV melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Berbantuan Media Papan Nilai Tempat

Ilmi Amalia, Esti Kaeksi, Idam Ragil Widianto Atmojo, Havita Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching berbantuan Media Papan Nilai Tempat Bilangan. Subjek Penelitian Tindakan Kelas  ini adalah peserta didik kelas IV SDIT Insan Mulia Surakarta. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian membuktikan bahwa pendekatan Culturally Responsive Teaching berbantuan Media Papan Nilai Tempat Bilangan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat ditunjukkan melalui data tahap pra siklus, yang semula hanya 9 peserta didik atau 32% saja yang mencapai ketuntasan, setelah penerapan pendekatan CRT pada siklus pertama, jumlah peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 20 siswa atau 71%, sementara yang belum tuntas menurun menjadi 8 siswa atau 29%. Kemudian peningkatan ketuntasan semakin terlihat pada siklus kedua, di mana 26 siswa atau 93% dari seluruh siswa di kelas mencapai ketuntasan sehingga hanya terdapat 2 siswa yang belum tuntas

Keywords

CRT, papan nilai tempat, matematika, bilangan cacah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.