Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III pada Materi Perkalian Bilangan Cacah Melalui Pendekatan PMRI

Dewi Hary Rachmasari, Vivi Novatona, Idam Ragil Widianto Atmojo, Latifah Kurniasari

Abstract

Salah satu materi matematika yang diajarkan di sekolah dasar adalah perkalian bilangan cacah. Perkalian bilangan cacah merupakan penjumlahan berulang dengan menjumlahkan angka  yang  sama. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, didapatkan hasil bahwa materi tentang perkalian bilangan cacah merupakan materi yang dianggap sulit, karena mayoritas peserta didik masih kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada materi perkalian bilangan cacah di kelas III SD Negeri Gading Surakararta menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas III SDN Gading Surakarta yang berjumlah 23 siswa. Data diambil melalui tes yang dilaksanakan sebanyak tiga kali yaitu satu tes pada kegiatan pra siklus, satu tes pada kegiatan siklus I, dan satu tes pada kegiatan siklus II. Melalui tes yang dilakukan selama tiga kali menggunakan pendekatan PMRI, diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan presentase ketuntasan belajar 35% pada pra-siklus, 61%  pada siklus I, dan 91% pada siklus II.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.