Pemanfaatan Media Interaktif Berbasis Web 4.0 (Baamboozle) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas V SDN Gebang 224 Kota Surakarta

Cinantya Lungid Ngasmarani, Hendras Suci Pramukti, Matsuri Matsuri, Ari Dewi Mumpuni

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Gebang 224 Kota Surakarta melalui pemanfaatan media interaktif berbasis 4.0, yaitu Baamboozle. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran di kelas.Metode penelitian yang digunakan adalah PTK dengan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan media Baamboozle. Hal ini terlihat dari peningkatan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar, meningkatnya minat siswa terhadap materi pelajaran, serta adanya perubahan sikap siswa menjadi lebih aktif dan antusias. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan media interaktif Baamboozle efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Gebang 224 Kota Surakarta. Oleh karena itu, disarankan agar guru dapat lebih sering memanfaatkan media pembelajaran yang interaktif dan menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Keywords

Media, Interactive, Motivation to learn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.