Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 6 pada Materi Rasio

Nur Rakhma Ardhiani, Dika Putri Utami, Idam Ragil Widianto Atmojo, Adhi Tri Murdiono

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi rasio kelas VI SDN Gading Surakarta dengan menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VI SDN Gading Surakarta yang berjumlah 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang dilakukan sebanyak 3 kali yaitu 1 kali tes awal untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik dalam memahami materi pembelajaran, dan 2 kali tes dengan level soal yang lebih tinggi untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi rasio yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar peserta didik. Pada pra siklus diperoleh persentase sebesar 21%, pada siklus I meningkat menjadi 57%, dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

Keywords

Hasil Belajar Matematika, Culturally Responsive Teaching (CRT), PTK

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.