Implementasi Model Realistic Mathemathics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dan FPB
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Realistic Mathematic Education (RME) pada mata pelajaran matematika, materi KPK dan FPB kelas V SDN Gading Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Gading Surakarta yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Tes dilaksanakan sebanyak 3 kali yaitu 1 kali tes awal untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik dalam memahami materi pembelajaran, dan 2 kali tes berikutnya dengan tingkatan soal yang lebih tinggi untuk menilai peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa model Realistic Mathematic Education (RME) mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi KPK dan FPB, hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar peserta didik. Persentase tersebut yaitu dari pra tindakan sebesar 25 % menjadi 60% pada siklus I, dan meningkat kembali sebanyak 85% pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah belajar dengan menggunakan model Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.