Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Peserta Didik Kelas IV SD
Abstract
Pendidikan dalam Kurikulum Merdeka sekarang ini mengedepankan pembelajaran abad 21 yang berpusat pada peserta didik. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran Matematika dan peningkatan hasil belajar yang terjadi setelah adanya penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan ativitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa terjadi peningkatan nilai secara siginifikan dari pra siklus hingga nilai siklus II peserta didik. Sebanyak 6 peserta didik berhasil memperoleh nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) pada siklus 1 dan 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PJBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik karena telah memenuhi indikator keberhasilan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.