Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Peserta Didik Kelas IV SDN Joho 03 Mojolaban

Winny Arsyabinta, Arin Arianti

Abstract

Pendidikan dalam Kurikulum Merdeka sekarang ini mengedepankan pembelajaran abad 21 yang berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa terjadi peningkatan dari nilai pra siklus peserta didik dan nilai peserta didik pada siklus 1 dan siklus 2. Sebanyak 6 peserta didik berhasil memperoleh nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) pada siklus 1dan 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PJBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik karena telah memenuhi indikator keberhasilan.

Keywords

Hasil Belajar, Project Based Learning (PJBL), Bangun Datar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.