Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Bantuan Media Wordwall pada Pembelajaran IPAS

Idam Ragil Widianto Atmojo, Dewi Artika Sari, Fitri Hidayah, Miranda Chintya Dewi, Niken Indah Kusuma

Abstract

Pendidikan yang berkualitas adalah kunci dalam menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif. Dalam pembelajaran, partisipasi aktif peserta didik sangat penting untuk meningkatkan  secara aktif dalam proses pembelajaran Masalah yang sering terjadi adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran; yang kedua, siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang berlangsung (media pembelajaran yang kurang bervariatif). Yang ketiga, siswa pasif dan kurang memberi respon terhadap pertanyaan yang ditanyakan oleh guru. Yang keempat, siswa belum memahami secara maksimal materi yang disampaikan, dan yang kelima, kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam. Analisis menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi dan motivasi belajar disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif. Untuk mengatasi hal ini, penelitian tindakan kelas akan dilakukan dengan fokus pada peningkatan partisipasi aktif dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Peneliti akan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan media interaktif Wordwall. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas VI B SD N Cemara Dua dan dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tujuannya adalah meningkatkan partisipasi aktif dan motivasi belajar siswa.

Keywords

Partisipasi Aktif, Pembelajaran berdiferensiasi, Media Wordwall

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.