Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Bantuan Media Wordwall pada Pembelajaran IPAS
Abstract
Pendidikan adalah proses pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui interaksi guru dan siswa. Akan tetapi efektivitas pendidikan juga melibatkan keaktifan belajar siswa dan tidak bergantung pada usaha guru saja. Masalah yang sering terjadi adalah kurangnya antusiasme siswa, seperti kurangnya respons terhadap pertanyaan dan perhatian saat materi dijelaskan. Analisis menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi dan motivasi belajar disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif. Untuk mengatasi hal ini, penelitian tindakan kelas akan dilakukan dengan fokus pada peningkatan partisipasi aktif dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Peneliti akan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan media interaktif Wordwall. Penelitian ini melibatkan 26 siswa kelas VI B SD N Cemara Dua dan dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tujuannya adalah meningkatkan partisipasi aktif dan motivasi belajar siswa.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.