Peningkatan Pemahaman Konsep Materi Mengenal Hewan di Sekitar melalui Pendekatan CRT berbantuan Media Konkret pada Siswa Kelas 3

Solawati Fitriana, Windi Mugi Lestari, Sukarno Sukarno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 3 SD Negeri Pajang II Kota Surakarta terhadap materi "Mengenal Hewan di Sekitar" dengan menerapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) yang dipadukan dengan penggunaan media konkret. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam dua siklus dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada siklus pertama, penerapan media konkret seperti model hewan berhasil meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dari 65 pada tahap pra siklus menjadi 78, serta peningkatan ketuntasan dari 31% menjadi 75%. Pada siklus kedua, variasi media konkret dan strategi pembelajaran yang lebih interaktif diterapkan, sehingga nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 87 dengan tingkat ketuntasan mencapai 94%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CRT berbasis budaya siswa yang didukung oleh media konkret efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa secara signifikan, serta relevan dan menarik bagi siswa.

Keywords

Culturally Responsive Teaching, media konkret, peningkatan pemahaman

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.