Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 5
Abstract
Peserta didik kelas 5 mengalami kesulitan dalam memahami materi bilangan cacah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas 5 pada materi bilangan cacah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Mangkuyudan sebanyak 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi lapangan, dan tes hasil belajar peserta didik. Penelitian dilakukan melalui tiga siklus, dimulai dengan pra-siklus dan diikuti dengan dua siklus intervensi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam nilai rata-rata peserta didik, dari 584 pada pra-siklus menjadi 902 pada siklus kedua, serta peningkatan persentase ketuntasan dari 32% menjadi 100%. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan TaRL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 pada materi bilangan cacah.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.