Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Media Gambar dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri Cemara Dua Terhadap Simbol – Simbol Pancasila

Idham Ragil Widianto Atmojo, Anindya Desy Pinastika Putri, Annas Kurnia Sari, Sri Utami

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas pembelajaran berdiferensiasi menggunakan media gambar untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas I terhadap simbol-simbol Pancasila. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri Cemara Dua dengan melibatkan seluruh siswa kelas I. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman siswa setelah penerapan model pembelajaran ini. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dengan media gambar dapat menjadi alternatif efektif dalam pembelajaran tematik, khususnya materi simbol-simbol Pancasila.

Keywords

Pembelajaran berdiferensiasi, Media Gambar, Simbol Pancasila

Refbacks

  • There are currently no refbacks.