Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Wujud Zat dan Perubahannya dengan menggunakan Model Discovery Learning siswa kelas IV SDN Danukusuman
Abstract
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) sering dianggap sulit dan kurang menarik oleh siswa di SDN Danukusuman. Hal ini menyebabkan rendahnya pemahaman terhadap materi yang diajarkan serta berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model discovery learning pada materi wujud zat dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase jawaban benar dari total soal yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, dengan nilai rata-rata yang meningkat dari 53 pada kondisi awal mejadi 67 pada siklus I dan 85 pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model discovery learning efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.